5 Manfaat dari Beras Merah yang Baik untuk Kesehatan

5 Manfaat dari Beras Merah yang Baik untuk Kesehatan

Superalmaceness – Beras merah seringkali menjadi pilihan banyak orang yang sedang berdiet atau yang mulai beralih ke gaya hidup yang lebih sehat. Secara umum, beras merah dianggap lebih sehat daripada beras putih. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki kandungan kalori yang lebih rendah namun nilai gizinya lebih tinggi dibandingkan beras putih. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang nilai gizi dan manfaat beras merah!

 

Kandungan gizi dalam beras merah

Beras merah merupakan gandum utuh yang lebih kaya nutrisi dan serat dibandingkan beras putih. Beras merah adalah sumber karbohidrat rendah kalori, tinggi serat, bebas gluten, dan bebas lemak trans.

 

Selain nutrisi tersebut, beras merah mengandung antioksidan flavonoid seperti antosianin (antosianin), apigenin, myricetin, dan quercetin. Antosianin merupakan kelompok senyawa fenolik yang menghasilkan warna merah dan ungu seperti kubis, bawang merah dan lain-lain.

 

5 manfaat beras merah untuk kesehatan

Dengan kandungan nutrisi tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari mengkonsumsi beras merah. Nah, berikut ini beberapa manfaat beras merah yang mungkin Anda rasakan:

 

  1. Melawan radikal bebas

Kandungan antosianin dalam beras merah merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan oksidasi yang berkepanjangan, stres oksidatif dapat merusak sel dan jaringan dan menyebabkan peradangan.

 

Tidak hanya itu, sebuah penelitian dari Jepang yang dimuat dalam Asian-Australasian Journal of Animal Sciences menemukan bahwa kandungan antioksidan flavonoid dalam beras merah lebih tinggi dibandingkan dengan beras merah, sehingga bekerja lebih efektif untuk menetralisir efek radikal bebas dalam tubuh. .tubuh. .melawan tubuh.

 

  1. Menurunkan kolesterol

Salah satu kandungan beras merah yang memiliki manfaat penurun kolesterol adalah serat. Konsumsi serat dipercaya dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

 

Sedangkan kandungan serat pada beras merah lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Oleh karena itu, mengonsumsi beras merah setiap hari dinilai lebih efektif menurunkan kadar kolesterol darah dibandingkan dengan mengonsumsi nasi putih.

 

Kekurangan berasĀ https://www.teknogoo.com/keuangan/para-ilmuwan-menandai-kekhawatiran-tentang-kekurangan-beras/

 

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Kolesterol darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung. Pasalnya, jumlah kolesterol jahat (LDL) yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak pada dinding arteri. Jika demikian, plak dapat menyumbat arteri koroner dan menyebabkan serangan jantung.

 

Oleh karena itu, menurunkan kolesterol darah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sementara itu, mengkonsumsi beras merah secara teratur dapat memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

 

Ketika kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat dikendalikan, kesehatan jantung Anda membaik. Artinya, mengonsumsi beras merah juga dapat membantu mencegah Anda dari berbagai penyakit jantung.

 

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Makan nasi putih terlalu banyak justru bisa mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Sebuah studi di jurnal Nutrients mengklaim bahwa kemungkinan ini menyebabkan beberapa orang Asia mulai beralih ke beras merah.

 

Beras yang terbuat dari beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih. Tak heran jika beras merah memiliki manfaat dalam membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Artinya, makan nasi yang terbuat dari nasi bisa membantu mengontrol diabetes.

 

  1. Mengurangi risiko obesitas

Selain membantu menurunkan kolesterol darah, kandungan serat beras merah terbukti memiliki khasiat untuk mengurangi risiko obesitas. Bahkan, tak sedikit orang yang lebih memilih nasi merah jika ingin menurunkan berat badan.

 

Pasalnya, beras merah yang mengandung lebih banyak serat sebanding dengan beras putih. Itu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak heran jika mengonsumsi beras merah memiliki manfaat dalam mencegah risiko obesitas, hingga penurunan berat badan.